Cerita Mas Ristiono menjadi Relawan di Alzi Ned.

Jangan Maklum Dengan Pikun
Slogan diatas merupakan kampanye yang dipopulerkan oleh lembaga Alzheimer Indonesia. Kampanye tersebut ditujukan kepada semua lapisan masyarakat. Anak-anak, remaja, dewasa dan yang utama adalah para orang tua (lansia) dengan gejala demensia.
Kenapa kampanye tersebut ditujukan kepada semua orang? Apakah semua orang pasti mengalami kepikunan? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin butuh waktu lama untuk menjelaskan dengan detail tentang gejala demensia dan bagaimana solusinya. Jadi pelan-pelan saja ya, semoga saya bisa memberikan informasi pada pembaca, sehingga sedikit banyak memahami tentang gejala demensia alzheimer. Awal perkenalan saya dengan lembaga alzheimer adalah saat ada event olahraga yang diadakan oleh PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia ) di Groningen.
Groningen sendiri adalah salah satu kota pelajar di Belanda bagian Utara. Kotanya bersih, nyaman dan ramah. Cerita tentang kota Groningen lain waktu aja ya saya tulis, Insya Allah banyak spot-spot indah yang bisa menjadi inspirasi kita bersama. Kembali ke alzheimer. Ya, di Belanda lah awal perkenalan saya dengan lembaga yang dikenal dengan AlziNed (Alzheimer Indonesia Nederland). Kebetulan di event olahraga PPI Groningen, Alzi Ned juga membuka stand konsultasi dan promosi kegiatan. Saya curi-curi pandang, baca-baca buku kecil yang menjelaskan 10 gejala demensia. Saya bolak balik tuh buku kecil, semakin dibaca makin membuat saya tergugah dan tertai untuk bergabung dengan AlziNed. Kebetulan saya juga lulusan S1 Psikologi, jadi ada panggilan jiwa untuk mengabdikan sedikit ilmu psikologi saya. Cie sok bijak, Hehehe.
Saya menemui mbak Amalia, menceritakan maksud dan tujuan saya tentang keinginan menjadi relawan di AlziNed. Gaung bersambut, alhamdulillah saya disambut dengan tangan terbuka. Ohya Mbak Amalia inilah penggerak sekaligus ketua lembaga Alzi Ned. Sebagai sesepuh tentu saya harus sungkem dulu pada beliau. Peace mbak.☺.
Akhirnya resmilah saya menjadi relawan di Alzi Ned. Sejak awal tahun 2019 sampai hari ini saya tetap aktif berkegiatan bersama AlziNed. Bulan Oktober tahun lalu bertepatan dengan hari kesehatan mental dunia, saya kebagian tugas memandu senam otak saat ada sosialisasi tentang AlziNed bersama para diaspora di Den Haag. Sebenarnya masih banyak kegiatan-kegiatan AlziNed yang lain. Insya Allah di tulisan berikut nya saya bahas ya. Semoga bermanfaat dan tidak bosan membacanya.
Kalau ada yang kasih kritik dan saran sangat diharapkan, sebagai penyemangat saya untuk tetap semangat menulis. Amin.
Ristiono

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: