“Terapi Tertawa” Salah Satu Senjata Relawan Alzi Lombok untuk meningkatkan Kesehatan Lansia

Jumat, 14 Februari 2020

Bertepatan dengan hari kasih sayang yang jatuh pada tanggal 14 Februari 2020, sebanyak 11 relawan ALZI Lombok yang tergabung dari berbagai disiplin ilmu memberikan rangkaian kegiatan untuk para Lansia potensial dan non potensial. Kegiatan ini bertempat di salah satu daerah wisata yang berada di Kabupaten Lombok Barat, tepatnya di Pantai Induk, Kecamatan Gerung. Dalam acara ini terdapat beberapa kegiatan yang diberikan untuk para Lansia, antara lain Senam Lansia, Sosialisasi Demensia Alzheimer untuk para Lansia, Sarapan bersama para lansia dan Terapi tertawa untuk lansia.

WhatsApp Image 2020-02-15 at 12.57.32 (1)

Salah satu kegiatan inti yang dilaksanakan dalam acara ini adalah “Terapi Tertawa” yang diberikan kepada 40 lansia. Terapi tertawa adalah suatu terapi untuk mencapai kegembiraan di dalam hati yang dikeluarkan melalui mulut dalam bentuk suara tawa. Beberapa manfaat Terapi Tertawa adalah merangsang mood, memperbaiki fungsi otak, melindungi jantung, merapatkan hubungan dengan orang lain, melegakan perasaan. Tertawa akan mengurangi tingkat stres tertentu dan menumbuhkan hormon. Selain itu, rasa nyeri atau sakit akan berkurang setelah tertawa. Tertawa juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh, sesudah tertawa tubuh terasa rileks dan tenang, sama seperti sesudah berolahraga.

Terapi tertawa sangat cocok diberikan untuk para Lansia, karena salah satu penyebab gangguan mental yang dialami oleh para lansia adalah kecemasan. Dengan terapi tertawa, tingkat kecemasan yang tinggi dapat dikurangi bahkan dihilangkan.

Nurmah (63), salah satu peserta dalam kegiatan ini mengungkapkan, “kegiatan seperti ini kalau bisa dilakukan setiap hari Pak, saya senang bisa tertawa terus. Badan sy terasa lebih enak dan segar, pikiran-pikiran yang jelek juga hilang Pak. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk kami semua para lansia”.

WhatsApp Image 2020-02-15 at 12.57.45

“Baiq Wida widaswara” selaku Korwil Alzi Lombok menambahkan bahwa, tertawa merupakan cara yang paling baik dan paling ekonomis dalam melawan kecemasan. Terapi tertawa dapat memperlancar peredaran darah  sehingga dapat mencegah penyakit dan memelihara kesehatan. Tertawa juga dapat membantu pola pikir seseorang untuk terus positif, sehingga seseorang dapat terus berpikir secara positif.

Seluruh relawan ALZI Lombok berharap melalui kegiatan seperti “Terapi Tertawa” ini dapat memberikan manfaat untuk para lansia, agar kedepannya seluruh lansia dapat menjadi potensial dengan terus menanamkan nilai-nilai positif didalam dirinya.

Sumber : Iwan Suryadi (Relawan Alzi Lombok)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: